Kamis, 08 Maret 2012

perancangan tata ruang

Penataan Gaya Tropis Membuat Ruang Makan Lebih Manis

Foto: iDEA/Adrian Mulya
Gaya penataan berkonsep tropis sangat tepat diterapkan pada ruang di daerah beriklim tropis.Ruang yang terbuka menjadi ciri khasnya.
Iklim tropis identik dengan suhu udara yang hangat dan kelembapan tinggi. Pada daerah yang berdekatan dengan pantai, angin bertiup kencang. Gaya tropis berkembang untuk mengatasi berbagai karakter iklim itu.
Ruangan yang serba terbuka menjadi ciri khas tata ruang bergaya tropis. Penggunaan material alami seperti kayu dan rotan menjadi pilihan utama.
Sedikit berbeda dengan gaya natural, pada gaya tropis digunakan warna-warna yang lebih cerah seperti hijau dan oranye. Hal ini merupakan pengaruh dari warna-warninya buah dan bunga di daerah tropis.
Ruang yang terbuka dan cerah, sangat cocok diterapkan pada ruang makan. Keberadaan taman pada area luar ruang membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan. Udara segar dan rimbunnya tanaman mampu menambah kenikmatan ketika makan bersama keluarga.
Untuk mewujudkan gaya tropis pada tata ruang, dapat dipergunakan furnitur atau elemen ruangan yang terbuat dari tumbuhan. Misalnya, gunakan kursi makan dari anyaman rotan. Atau gunakan palang kayu berjajar pada langit-langit. Palang-palang kayu ini dapat dipasang padabagian bawah skylight sehingga dapat membuat cahaya matahari masuk ke dalam ruangan dan memberikan efek bayangan yang dramatis.
Ketika ingin membuat ruang yang agak lebih terbuka, pada dua sisi ruangan dapat dibuat bukaan yang lebar. Misalnya berupa jendela tinggi, dengan sistem putar atau pintu kaca dengan sistem lipat. Keduanya mengantarkan suasana luar ruang yang segar ke dalam ruangan.
Buka semua pintu dan jendela lebar-lebar selagi makan bersama keluarga. Biarkan angin semilir dan segarnya wangi tumbuhan menemani acara makan. Selesai makan, anak-anak bisa bermain di taman.

0 komentar to “perancangan tata ruang”

Posting Komentar

 

ketapang antiq Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger